Jumat, 18 Februari 2011

Childist

Rasanya label childist tak pernah lepas dari ku, beberapa bulan yang lalu nisa salah seorang siswa yang les privat denganku bilang “bu pipit kog giginya koyo cah cilik, matanya, hidung, dagu dan mukanya koyo cah cilik ya???”. Ada rasa kaget sih dengernya, baru kale ni ada anak kelas satu yang bilang aku seperti anak kecil, klo yang bilang temen sebaya ato orang tua wajar ja dan dah biasa sih…tapi aku ga mungkin memperlihatkan rasa terkejutku dihadapan anak2, sambil tersenyum aku balik bertanya lha klo orang yang dewasa itu matanya seperti apa sih??? Salah seorang temanya erlita menjawab matanya besar dan bulat…hmm mencoba merubah pikiran berarti anak nie udah bisa membedakn mana yang dewasa dan anak2??.

Rasanya kog jadi kepikiran arti dewasa di mata anak-anak tu seperti pa ya?? Pengen melakukan wawacara ma anak2 tapi waktu tu keadaan tidak memungkinkan tugasku adalah memberikan materi tambahan di luar jam sekolah (ngelesi) tapi memunculkan tema kedewasaan pada anak2 tu agak susah, tiba2 nanya arti kedewasaan dimata mereka??? Nanti jawaban yang kudapat pastinya ga mengalir begitu ja, enaknya diomongin nyante dan sambil bermain agar mereka juga ga merasa di wawancarai…

Tapi satu celotehan dari erlita sudah menggambarkan kedewasaan di mata anak2 sih, mereka melihat secara fisik saja. Pernah da anak di TK yang bilang sama bu gurunya “ bu besok klo aku sudah besar aku mau menikah”, jawab sang guru iya boleh nanti klo sudah DEWASA, karena fisik mereka kan akan tumbuh besar. Sang guru ga memarahi anak didiknya ini karena mengganggap tu adalah sebuah cita-cita dari si anak dan juga tidak menjelaskan lebih detail tentang pernikahan karena memang belum waktunya si anak untuk mengerti.

Adult and childist adalah sebuah warna-warni dalam kehidupan kehadirannya tak bisa di pisah kan satu sama lain seperti mata uang. Setiap orang pasti pernah memiliki keduanya. Hanya saja frekuensi kumunculannya yang perlu di kendalikan. Kedewasaan tu terlihat dari panya ya??? Pengertian tentang kedewasaan tu berbeda-beda tergantung dari pengalaman masing-masing.

Pengertian kedewasaan menurutku adalah orang yang sudah bisa bertanggung jawab atas dirinya sendiri, mampu menempatkan diri dalam berbagai kondisi dan situasi, memiliki pengendalian emosi dan mentalnya baik. Bisa Berdiri sendiri di atas kakinya. Dan mungkin kesemuanya tak bisa dilihat dari usia dan penampilan fisik seseoang. Menurut kalian pengertian kedewasaan tu pa??

Kedewasaan tu sebuah pilihan. Diperlukan kedewasaan tuk memahami kehidupan yang sampai saat ini memang belum bisa aku lakukan. In touch with kids give me many which can matter study. Thank you sobat kecilku, lama tak bertemu seperti ada yang hilang, kangen dengan semua hal tentang kalian, nisa, erlita n nabila miss you, aku harap kalian tetap belajar dengan giat. Aku ingin bisa dewasa dalam berfikir, bertindak, menyikapi keadaan dan memahami kehidupan. Mungkinkah dan mampunkah aku??? Be Adult FITRIIIIIII!!!!! Masih jadi PR besar buatku…Ajari aku Ya Alloh…Never Day Wihout Study!!!!!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar