Jumat, 18 Februari 2011

Gunakan kata-kata

Lynn telah menghabiskan susunya dan ingin tambah lagi. Ia mulai menangis.

“gunakan kata-kata, lynn. Katakan minta lagi, “kata ibunya.
Lynn berhenti menangis, melihat pada ibunya dan mengatakan “Mo”.
“bagus. Ini susu lagi. Terima kasih karena kamu sudah menggunakan kata-katamu.”

Setelah seorang anak berusia satu tahun, konsep menggunakan kata-kata sudah waktunya untuk diperkenalkan. Ini artinya anak anda perlu menggunakan kata-kata, bukan merengek atau menangis ketika ia menginginkan sesuatu, seperti “gendong” atau “susu”.

Anak kecil tidak selalu mengucapkan kata secara tepat. Ini normal. Beberapa suara belum dikuasai sampai sekitar usia tujuh tahun. Pada awalnya, terima setiap suara yang diucapkan anak anda, tetapi anda dapat mengulang kata yang tepat, “mau”. Dengan cara inilah anak-anak mempelajari pengucapan yang tepat.

Maksud dari teknik ini adalah untuk mengajarkan anak-anak bahwa menggunakan kata-kata untuk mengungkapkan apa yang mereka inginkan itu lebih baik dari merengek atau menangis. Anda dapat memperkenalkan teknik ini ketika anak anda baru berusia satu tahun, anda dapat memperkenaklan teknik ini secara berhasil. Misalnya, mark yang berusia tiga tahun berlari ke dapur sambil menangis.

“ada apa?” tanya ibunya.
Mark terus menangis.
“ayo diam dan ceritakan apa yang terjadi. Tarik napas panjang.
Gunakan kata-kata.

Mungkin diperlukan pengajaran yang konsisten selama beberapa bulan sebelum anak anda mengerti kapan dan bagaimana menggunakan kata-kata. Bahkan setelah mereka memahami konsep dasarnya sekalipun, semua anak perlu diarahkan dan diingatkan sepanjang tahun-tahun prasekolah dan bahkan sampai masa kanak-kanak selanjutnya. Sementara anak anda semakin dewasa, anda mungkin ingin mengubah pendekatan anda juga. Ambillah kasus beth yang berusia tiga tahun.

Beth: (mulai merengek karena ia tidak dapat membuka tasnya.)

Rosi: “ibu nggak ngerti kalau kamu bicara seperti itu. Gunakan kata-kata, dan ibu akan membantumu. Ayo katakan, “ibu, tolong bisa bantu aku?”

Mengajar anak prasekolah untuk menggunakan kata-kata juga berlaku terhadap hubungan mereka dengan kakak dan teman. Sementara anak mulai bertambah besar dan belajar bermain dengan anak-anak lain, kata-kata memungkinkan mereka menangani situasi sosial. Kata-kata membantu mereka mendaptakan apa yang mereka inginkan tanpa konflik: “bolehkah aku mainkan pereahu itu sesudah kamu, bryan?” kata-kata membantu anak-anak untuk belajar berbagi: “taylor, kamu mau bertukar mainan denganku?” kata-kata membantu mereka mengungkapkan perasaan. “aku tidak suka diganggu. Tolong jangan ganggu aku. “ketika anak-anak menjadi kesal ketika bermain, ingatkan mereka untuk memikirkan kata-kata yang dapat mereka gunakan. Jangan ragu untuk memberitahukan anak-anak anda, “kata-katamu sangat bermanfaat. Pikirkan apa yang perlu kamu katakan.

(sal severe, Ph..D. bagaimana bersikap pada anak pra sekolah, agar anak prasekolah anda bersikap baik, 2003, gramedia, jakarta)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar